Penyabab terjadinya radang tenggorokan dan cara menyembuhkannya dengan bahan alami

Penyabab terjadinya radang tenggorokan dan cara menyembuhkannya dengan bahan alami - Setiap orang pasti pernah terkana radang tenggorokan yang di sebabkan oleh 2 jenis infeksi disebabkan oleh bakteri dan virus. Terdapat 80% orang yang sakit radang tenggorokan disebabkan oleh virus sedangkan 10 sampai 20 orang di sebabkan oleh bakteri. Ketika kita sakit radang tenggorokan apa yang kita rasakan ? tenggorokan kita terasa perih dan serak ya kan.

Penyabab terjadinya radang tenggorokan dan cara menyembuhkannya dengan bahan alami

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya di awali dengan pilek setelah itu terjadilah radang tenggorokan. Infeksi yang di sebabkan oleh virus ini di tandai dengan gejala demam, batuk, badan terasa lemas dan menurunnya nafsu makan. sedangkan radang tenggorokan yang di sebabkan oleh bakteri tidak terlalu sering di alami penderita di bandingkan yang di debabkan oleh virus tetapi dampak dari bakteri ini lebih parah di bandingkan virus. Bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan itu adalah bakteri jenis streoptokokus yang bisa di tularkan melalui hidung.

tetapi tidak semuanya di sebabkan oleh virus dan bakteri ada juga yang di sebabkan oleh hal lain tanpa efeksi contohnya saya akan jelaskan di bawah ini.

Radang tenggorokan yang bukan di sebabkan virus dan bakteri

1. Iritasi
Iritasi adalah iritasi di tenggorokan yang paling umum di alami di alami kebanyakan orang. Infeksi pada tenggorokan ada banyak penyebabnya contoh memakan kripik, makan - makanan panas, gorengan, snak, makan - makanan pedas, merokok dan alkohol. Contoh tadi bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

2. Alergi
Seseorang pasti mempunya alergi pada sesuatu terhadap apapun itu. alergi juga dapat menyebabkan radang tenggorokan contohnya alergi pada debu, bulu hewan, serbuk sari. jadi bagi kalian yang punya alergi pada contoh di atas sebaiknya kalian jauhkan agar tidak bekelanjutan.

3. Tumor
Yang tiga ini sangatlah menakutkan karena penyakit ini dapat membunuh seseorang secara perlahan. Meskipun jarang di temui biasanya tumor di tenggorokan berawal dari radang tenggorokan. Ciri - ciri orang yang terkena tumor tenggorokan ketika bernafas mengeluarkan suara dan bau tidak sedap, suara serak, benjolan pada leher dan susah menelan makanan.

4. Tenggorokan kering
Cuaca panas bisa menyebabkan tenggorokan kering. hal ini yang sering di alami oleh sebagian besar penderita radang tenggorokan. apabila tidak kalian atasi bisa jadi tenggorokan kering ini menyebabkan tenggorokan kita iritasi. makan minumlah apabila tenggorokan kita kecuali saat di bulan ramadan karena hal itu tidak di perbolehkan.

5. GERD
GERD atau Gastroesophageal reflux disease adalah salah satu jenis gangguan pencernaan pada manusia yang menyebabkan asam lambung naik dan kembali ke atas esofagus. Seperti yang Anda ketahui isi lambung adalah asam yang dapat mengiritasi jaringan dan pada akhirnya dapat menyebabkan radang tenggorokan. Tanda lainnya yang mungkin muncul adalah suara serah, nyeri perut dan muntah.

Baca Juga : Jenis makanan alami yang baik untuk kesehatan kulit

Cara mengatsi radang tenggorokan dengan cara berikut :

1. Terapi uap
Terapi uap ini pengobatan alami yang mungkin jarang orang lakukan. terapi uap ini bisa kalian lakukan sendiri dengan cara mendidihkan air bersih pada basko dan menutupnya dengan kain handuk yang bersih dan menghirup uap yang berada pada handuk tersebut yang bertujuan menghilangkan atau mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

2. Menggunakan garam dapur
Garam dapat mampu mengurangi pembengkakan dan infalamasi pada tenggorokan yang di sebabkan oleh peradangan. garam juga efektif mengurangi rasa sakit yang di sebabkan oleh radang tenggorokan. caranya dengan cara berkumur - kumur dengan air garam, lakukan dengan rutin tiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengkonsumsi bawang putih
Cara yang terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan cara mengunyah bawang putih. Cara ini memang tidak banyak orang yang melakukannya karena rasa dan baunya tidak enak. Namun dibalik itulah bawang putih lebih cepat untuk menyembuhkan infeksi pada tenggorokan Anda yang disebabkan kandungan salicin dalam bawang putih.

5. Madu
Manfaat madu sangat luar biasa bagi kesehatan termasuk salah satunya mengobati radang tenggorokan. tetapi agar mendapatkan hasil yang sempurna kita campurkan madu dengan dengan lemon yang mengandung vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sisyem kekebalab tubuh kita.

6. Wedang jahe
Jahe merupakan rempah- rempah tradisonal di indonesia. wedang jahe telah lama di kenal masyarakat indonesia karena khasiatnya yang menghangatkan tubuh. jahe mengandung zingiberin yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan racun detoksifikasi dan mengatsi radang tenggorokan.

7. Minyak putih
Terapi steaming yang sangat populer di jepang. Steaming merupakan pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan uap untuk melancarkan sirkulasi darah, meringankan sakit kepala, mengurangi gejala peradangan, dan bahkan penghilang stres. Nah, salah satu bahan yang bisa kamu pakai untuk pengobatan ini adalah minyak kayu putih.

8. Banyak minum air putih
Air putih sangat di butuhkan oleh tubuh kita yang sebagian besar terdiri dari mineral. dengen banyak minum air kita dapat mencegah terjadinya radang tenggorokan dan menyembuhkannya. para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 2 sampai 3 liter air mineral dalam satu hari agar terhindar dari radang tenggorokan. Selain dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, konsumsi banyak air putih juga dapat mencegah dehidrasi

Itulah beberapa penyebab terjadinya radang tenggorokan dan cara menyembuhkan radang tenggorokan tersebut. Tidak semua penyakit radang tenggorokan dapat disembuhkan dengan cara itu ada kalanya kita memperlukan bantau dokter dalam menyembuhkan penyakit tetsebut. sekian dari saya apabila artikel ini bermanfaat kalian bisa mengsharenya ke media sosial yang telah saya sediakan di bawah ini.


EmoticonEmoticon