Cara mencegah penularan penyakit TBC (Tuberculosis)

Di setiap manusia di bumi ini pasti pernah mengidap penyakit, entah penyakit turunan ataupun penyakit yang bukan tururnan. Penyakit turunan itu penyakit dimana pendahulu kita atau orang tua kita pernah mengidapnya dan di turunkan ke keturunannya. Biasanya penyakit yang di turunkan penyakit alergi. Ada juga penyakit yang di sebabkan oleh virus dan bakteri contohnya TBC.

Apa itu TBC ? TBC adalah singkatan dari Tubercolosis yang menyerang bagian paru - paru yang di sebabkan bakteri Mycobacterium Tuberculosis, sehingga penyakit tersebut dinamakan Tubercolosis namun penyakit ini sering di panggil oleh masyarakat dengan sebutan TBC.

Cara mencegah penularan penyakit TBC (Tuberculosis)

Penyakit TBC ini sangat berbahaya dan tersebar luar ke seluruh dunia, WHO menyatakan jumlah terbesar irang yang mengidap TBC ada di bagian Asia Tenggara 33% dari keseluruhan orang yang mengidap sakit TBC di dunia. Bahkan indonesia adalah negara yang paling banyak masyarakatnya yang mengidap TBC nomer 2 setelah india. Jadi kita sebagai warga negara indonesia patut waspada terhadap lingkungan kita karena indonesia menduduki peringkat kedua setelah india.

Di artikel ini penulis akan memberikan informasi tentang cara mencegah penularan penyakit TBC, tetapi sebelum itu penulis akan menerangkan terlebih dahulu bagaimana proses bakteri TBC ini menular.

Proses penularan bakteri TBC
Bakteri TBC ini akan menular dengan sangat mudah melalui udara, udara yang kita hirup sehari - hari memiliki banyak sekali mikroba di dalamnya termasuk bakteri TBC. Bakteri TBC akan menular melalui udara dan menyerang sel - sel paru paru. Tetapi penularan bakteri TBC ini tidak semerta menular begitu saja, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penularan bakteri TBC tersebut yaitu Jumlah organisme. Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat cocok untuk perkembangan bakteri TBC. Jadi intinya dimana saja kalian berada tetap akan berpotensi terjangkit bakteri TBC, tetepi dengan jumlah organisme yang kecil. Jumlah organisme yang tinggi biasanya berada di sekitar orang yang mengidap penyakit TBC karena setiap penderita TBC tersebut mengeluarkan udara daru hidungnya otomatis ada bakteri TBC yang ikut keluar dan berterbangan di udara. Jika kalian mengetahui seseorang di dekat kalian mengidap penyakit TBC sebaiknya kalian menjauh dari orang tersebut karena proses penularannya sangatlah cepat. Bagaimana ciri - ciri orang yang mengidap penyakit TBC. tersebut ?.

Ciri - ciri orang pengidap penyakit TBC
1. Batu berdahak. Orang yang mengidap penyakit TBC akan mengalami batuk berdahak yang tidak kunjung ada sembuhnya, jika kalian menemukan gejala batuk yang tidak kunjung sembuh sebaiknya kalian berhati - hati karena itu adalah ciri - ciri pengidap penyakit TBC.
2. Sesak napas. Penyakit TBC akan menimbulkan sesak napas yang sangat menggangu. Sebab sel - sek paru - paru telah di penuhi oleh bakteri TBC tersebut.
3. Nyeri dada. Bakteri TBC akan menyarang bagian paru - paru kita yang akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian dada kita. Apabila kalian mengalami nyeri di dada sebaiknya kalain berhati - hati takutnya gejala tersebut adalah penyakit TBC
4. Amnesia. Pengidap penyakit TBC biasanya akan mengalami amnesia karena bakteri TBC juga menyerang sel otak yang menimbulkan kerusakan sel - sel otak.
5. Demam. Pengidap TBC akan mengalami sakit demam yang tidak kunjung sembuh.
6.Susah tidur. Pengidap penyakit TBC akan mengalami kedaan di mana pada saat malam hari pengidap TBC akan mengalami susah tidur.
7. Keringat dingin. Pengidap pengakit TBC akan mengalami keringat dingin yang bersamaan dengan demam.
8. Penurunan berat badan. Penurunan berat badan juga termasuk ciri - ciri orang yang terkena penyakit TBC.

Baca Juga : Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh lainnya

Orang yang mengidap penyakit TBC 50% akan meninggal dengan jangka waktu yang dekat, 25% akan sembuh dengan sendirinya apabila memiliki daya tahan tubuh yang kuat, 25% akan menjadi kasus kronis dan tetap akan menjadi penyakit yang menular.

Pengobatan penyakit TBC bisa dengan berbagai obat kimia di antanya Isoniasid, Rifampisin, Pirasinamid, Streptomisin, Etambulol. Tetapi penyakit TBC ini sangatlah sulit di sembuhkan 25% dar 100% orang yang mengidap penyakit TBC akan sembuh. Dari pada itu mulailah dari sekarang untuk menghindar dari penyakit TBC tersebut dengan cara berikut:

Cara mencegah terjangkitnya bakteri TBC
1. Imunisasi untuk balita.
Balita memiliki sistem imun yang sangat lemah, dari pada itu untuk para orang tua sebaiknya anak kalian yang masih kecil di bawa ke posyandu untuk di imunisasi agar tehindar dari penyakit TBC yang sangat menakutkan ini.

2. Meningkatkan sistem imun.
Telah di sindir pada nomer satu di atas, bahwa sistem imun harus kuat dari serbuan mikroba. Tubuh yang memiliki sel dara putih yang tinggi akan terhindar dari beragam penyakit salah satunya penyakit TBC. Bagaiman cara agar sistem imun kita meningkat ? dengan menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan protein juga sering - seringlah berolahraga.

3. Tidak melakukan kontak langsung dengan pengidap TBC.
Menghindari kontak langsung dengan orang yang mengidap TBC juga dapat mengurangi potensi terkena penyakit TBC. Bagaimana cara menghidarinya ? dengan memberi jarak ketika berbicara dan menggunakan masker penutup hidung dan mulut agar bakteri tidak masuk ke dalam tubuh kita. juga jangan bersentuhan langsung kepada oarang yang mengidap penyakit TBC sebaiknya menggunkan sarung tangan apabila kalian bersentuhan dengan pengidap penyakit TBC.

4. Mempunyai ventilasi rumah yang cukup.
Dengan memberi banyak memberikan ventilasi rumah udara segar akan mudah masuk ke dalam ruangan dan udah kotor dapat mudah keluar dari dalam ruangan. Cara ini mampu mengurangi dampak tertularnya penyakit TBC.

5. Sinar ultraviolet
Untuk membasmi bakteri TBC kita harus menggunakan sinar ultraviolet karena bakteri TBC dapat di bunuh dengan sinar ultraviolet. Dengan itu kita dapat menghindari dampak penyakit TBC.

6. Memilih teman dengan tepat.
Penularan penyakit TBC karena adanya kontak langsung dengan pengidap penyakit TBC, karena sebab itu kita harus pandai - pandai dalam memilih teman agar tidak tertular penyakit TBC.

7. Pemberian obat isoniazid
terakhir untuk mencegah penyakit TBC adalah dengan pemberian obat isoniazid. Obat ini sangat efektif memberikan dampak terhadap pencegahan TBC. Walaupun hasil uji lab menunjukkan hasil tes tuberkulin positif, akan tetapi hasil photo ronsen Anda tidak akan menunjukkan adanya penyakit TBC.

Itulah penjelasan dan cara mencegah penularan penyakit TBC. Maaf apabila cara dan penjelasannya lebih banyak penjelesannya karena yang penting itu penjelesannya baru cara mencegahnya. Mulailah dari sekarang menghidari dari penyakit TBC karena penyakit tersebut adalah penyakit yang sangat mematikan dan sulit di obati. Sekian dari penulis semoga bermanfaat untuk kalian. Share apabila info ini bermanfaat bagi kalian agar saudara kalian dapat terhindar dari penyakit mematikan ini.

5 komentar

wah bahaya juga kalau terkena penyakit ini, yang pastinya selalu jaga kebersihan disekitar kita :) karena menghindari lebih bagus dari pada mengobati


EmoticonEmoticon