10 jenis gerakan olahraga yang dapat kalian lakukan di rumah

Olahraga adalah suatu kegiatan menggerakan tubuh yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh. Dampak positif berolahraga sangat bermanfaat bagi tubuh dalah satunya melancarkan perdaran darah. Tubuh yang sering berolahraga mempunyai kekebalan tubuh dari penyakit lebih tinggi dari pada tubuh orang tang tidak berolahraga, mengapa begitu ? Karena tubuh orang yang berolahraga memiliki lebih banyak imun atau sel darah putih dari pada tubuh orang yang tidak berolahraga yang dapat menjaga tubuh kita dari serangan penyakit.

10 jenis gerakan olahraga yang dapat kalian lakukan di rumah

Ada beberpaa macam olahraga yang bisa kalian lakukan salah satunya lari pendek, senam, bermain sepak bola dan lain - lain. Penulis bagaimana kalau kita seorang pengusaha yang sibuk dengan apa yang di kerjakan dan tidak mempunyai waktu luang untuk berolah raga di luar sana ? Kita dapat berolah raga di manapun kapan pun itu meskipun itu di tempat yang memiliki ruang kecil. Penulis di sini akan memberikan contoh olahraga yang bisa kaliaj lakukan di manapun dan kapanpun meskipun kalian tipe orang yang memiliki rutinitas kerja yang padat.

Olahraga ringan yang dapat dilakukan di manapun

1. Push up
Push up adalah olahraga ringan yang melatih orang tangan dan otot lengan kita. Push up dilihat memang kelihatannya mudah tapi apabila kita lakukan push up agak susah di lakukan apabila kalian sebelumnya tidak pernah melakukan hal ini, apabila kalian sering melakukan push up penulis yakin kalian akan bisa melakukannya.

Caranya kalian hanya menaruh telapak tangan kalian di kelantai, luruskan punggung dada dan kaki kalian, turunkan dada secara perlahan dan angkat lagi badan kalian ke atas, lakukan hal ini berulangkali hingga kalian mulai capek. Jangan paksakan diri apabila kalian sudah capek karena akan menyebabkan tangan kita kram

2. Squat atau jongkok
Olahraga yang kedua ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. mengapa penulis bilang miliki tingkat kesulitan yang tinggi ? karena olahraga ini memerlukan otot kaki yang kuat dan juga harus milki keseimbangan tubuh yang seimbang. Kalian cukup berdiri tegak dan kaki di rapatkan, Julurkan kedua tangan kedepan dan mulailah kalian menurunkan pantat kalian seperti seorang yang duduk secara perlahan. lakukan cara tersebut berulang kali sampai kalian merasa penat.

3. Plank crawl
Gerakan ini seperti kita meniru anak bayi yang merangkak. Teknik hampir sama dengan teknik push up kita hanya merangkak seperti bayi letakan tangan kiri di lanti sembari tangan satunya tetap dalam posisi tegak dan lakukan secara bergantian kesiku kanan. kalian bisa mencoba cara ini 5 sampai 10 set, setalaj kalian sudah mulai bisa lakukan 10 set dan seterusnya.

4. Walking lunge
Berdiri dengan kaki selebar bahu dan letakkan lengan di samping tubuh. Lalu, langkahkan kaki kanan ke depan dan tekuk 90 derajat. Turunkan lutut kiri ke lantai dan betis berada di belakang dengan tumit menahan. Lalu kembali ke posisi awal dan lakukan gerakan yang sama dengan kaki kiri.

5. Brid dog
Brdi dog ini hampir sama dengan gerakan plank crawl. Kita merangkak seperti bayi, tangan kanan dan kaki kir luruskan sejajar dengan bahu dan pantat, tahan posisi tersebut selama mungikin. setelah itu ganti posisi tersebut dengan tangan sebelah kiri dan kaki sebelah kanan secara bergantian. Istirahat apabila kalian sudah mulau letih.

6. Skaters
Teknik yang satu ini seperti kita bermain skateboard. Caranya hampir sama seperti kita bermain skateboard bedanya gerakan ini dilakukan dengan cara melompat di tempat. apabila kita melakukan ini dengan rutin setiap hari kaki kita akan jauh lebih kuat daru sebelumnya.

Baca juga Cara menghaluskan telapak tangan yang sangat kasar dengan cepat menggunakan bahan alami

untuk melakukannya kita hanya menirukan gaya pemain skateboard, agak membungkuk kedepan dan kaki kedua kaki saling berlawanan arah depan belakang, tekukan badan lutut kalian sedikit kebawah dan cobalah kalian melompat.

7. Superman back extension
Pernahkah kalian melihat tokoh super hiro yang bisa terbang yaitu superman. kita bisa meniru gaya supermen untuk berolahraga di rumah. lakukan gerakan telungkup di lantai atau matras lalu kedua tangan kedepan dan bagian pinggul kebawah mengangkat kebawah mengangkat kebelakang, ingat hanya perut yaang menyentuh lantai, tahan hingga 3 sampai 5 detik dan kembalikan ke posisi sebelumnya. teknik ini dapat melatih otot bagian perut kalian.

8. Bridge
Teknik yang satu ini sangatlah mudah di lakukan kita hanya perlu terlentang di matras dan angkat kedua kaki sampai pantat kita juga terangkat ke atas tahan 5 detii dan turunkan lagi. lakukan. berungkali minimal 10 kali sehari. teknik ini dapat melatih otot paha, betis, perut, dan lengan secara bersamaan.

9. Single leg balance stick
Teknik ini sebenarnya tidak terlalu berperan besar terhadap pembentukan otot, teknik ini lebih mengarah ke keseimbangan tubuh. Kalian hanya berdiri tegaj dengan mengangkat satu kaki ke atas, lalu kaki yabg tadi kalian angkat julurkan ke belakang san tangan kalia juga julurkan kedepan sampai antar kaki dan tangan sama rata, tahan beberapa detik usahakan jangan sampai jatuh. Lakukan teknik itu minimal 10x sehari.

10. Side plank hip drops
Gerakan ini berbeda dengan plank biasa atau juga plank crawl. Gerakan ini dimulai dengan gerakan berbaring pada sisi kanan tubuh lalu siku kanan ditekuk sejajar dengan bawah bahu. Pada posisi ini, hanya pinggul ke bawah yang menempel pada lantai. Lalu, angkat bagian pinggul ke bawah dan tahan beban tubuh dengan lengan. Tahan selama mungkin sekitar 3 sampai 5 detik dan turunkan pinggul. Ulangi beberapa kali.

Itulah 10 jenis geraka olahraga yang dapat kalian lakukan dirumah kalian. sebenarnya masih banyak lagi teknik gerakan yang dapat kalian lakukan tetapi karena keterbatasan waktu dan pengetahuan saya, saya hanya memberikan beberapa gerakan yang mungkin dapat membantu kalian dalam berolah raga. Saya mohon maaf apabila kalian susah mengpraktekannya karena ketidak sediaannya gambar pada setiap teknik tersebut karena sata harus berhati - hati terhadap kebijakan google yang tidak memperbolehkan mengambil gambar dari google image dan menaruhnya di artikel saya hanya memberikan 1 gambar dari google yabg sudah saya edit. Sekian dari penulis semoga bermanfaat untuk kalian.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon